mari berkebun kembali di Harvest Moon DS

Harvest Moon, gamer mana yang tidak mengenal game unik ini. Game ini mempunyai genre tersendiri dan belum ada yang menyamai tema, gameplay, cerita dan tentu saja keasyikan bermainnya. Bagi yang belum tahu, Harves Moon adalah game tentang bertani. Cerita dari game ini sebenarnya simple aja, dan kayaknya ga banyak berubah dari seri-seri sebelumnya. Cerita di Harvest Moon DS (HM DS) sama dengan Harvest Moon di Playstation dan Nintendo 64 yang dulu pernah kumainkan. Kamu berperan sebagai pemuda yang mendapatkan sebidang tanah yang harus kamu garap di sebuah desa kecil. Walaupun pada seri HM DS ini ada "sedikit" tambahan cerita tentang perselisihan dua orang "penyihir" sebagai tambahan latar cerita.



Gameplay pada HM DS ini ga jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Kamu masih menggunakan berbagai Tools untuk membantumu berkebun. Mulai dari ember air untuk menyiram, cangkul, kapak, palu dan sabit. Untuk membantu menyimpan barang-barang kita akan diberi sebuah tas yang mempunyai kapasitas sampai tiga kali lipat kapasitas semula. Kita juga di beri seekor anjing dan kucing untuk menemani hari-hari kita di rumah. Sistemnya masih sama, kita menyiapkan tanah, menanam bibit, menyirami tiap hari dan memanennya setelah siap. Kita juga bisa mengumpulkan berbagai item yang bisa kita jual di sekeliling desa seperti rebung, batu, kayu permata dan berbagai item lainnya yang bisa kita pakai sendiri atau kita jual nantinya. Cara menjualnyapun hampir sama, yaitu dengan menaruh barang yang ingin kita jual ke sebuah kotak penyimpanan yang nantinya setiap sore akan diambil dan dari situlah kita mendapatkan uang.

Kemudian kita (seperti biasa) akan bisa bekerja sama dengan Harvest Sprite untuk membantu kita bekerja (tentu saja dengan memberikan imbalan tertentu). Para Harvest Sprite ini harus kita tangkap di seputar desa tersebut, karena mereka menghilang dan tersebar di berbagai sudut desa. Tapi ada pula yang kita dapatkan setelah kita melakukan beberapa kewajiban tertentu. Total ada 60 Harvest Sprite yang mana aku sampai sejauh ini (musim ke-4 tahun ke-1) telah menemukan 22 Harvest Sprite. Tiap HS punya kemampuan sendiri-sendiri yang bisa kita gunakan tergantung kebutuhan. Ada yang memiliki kemampuan menyiram, memanen, mencari kayu dsb. Semakin sering kita memakai HS maka "tarif" mereka juga akan naik dan tentu saja kecepatan merekapun ikut meningkat.



Kemudian masih ada sistem pernikahan yang lebih variatf dari seri-seri sebelumnya. Yup, di game ini kita bisa menikah dan berkeluarga :). Dan mungkin ini adalah faktor utama yang bikin game ini asyik untuk di mainkan. Pada HM DS ini ada setidaknya 6 gadis desa yang siap kita dekati dan nikahi (sebetulnya ada lagi di kota seberang, tapi aku belum tahu ada berapa aja). Untuk bisa mendapatkan hati mereka tentu saja kita juga butuh pengorbanan yang gampang-gampang susah. Tiap karakter gadis di game ini mempunyai sifat yang berbeda dan tentu saja pendekatan yang berbeda satu sama lain. Yang pasti, pilihlah gadis sesuaid dengan yang kamu inginkan :)

Ohya, pada HM DS ini dunianya (desanya maksudku) menjadi benar-benar luas. Luas dalam artian bidang yang bisa kita garap tidak hanya lahan yang kita miliki saja. Pada tiap lahan kosong di seputar desa juga bisa kita olah sesuai kebutuhan. Tapi tentu saja akan sangat susah jika tidak dibantu Harvest Sprite dan kemampuan tools yang mencapai level tertinggi. Untuk mengupgrade tools yang kita miliki kita harus mengumpulkan berbagai bahan yang tersebar di tambang yang ada di pinggir desa. Tambang-tambang ini akan terbuka dengan persayaratan tertentu dan juga keberuntungan kita he.... Karena ada satu syarat untuk membuka tambang yang berjumlah empat buah ini. Pertama kita harus datang antara jam 9~11 malam dengan membawa palu. Jika beruntung kita akan bertemu sang arkeolog yang memberitahu kita letak tambangnya. Dan walo letaknya kita tahu tapi kalo ga ada si arkeolog tetep saja ga bisa di buka.

Well, sebenarnya masih banyak yang bisa di tulis tentang game Harvest Moon DS ini. Tapi akan lebih menarik lagi jika kamu memainkannya sendiri. Untuk itu download dulu emulator dan ROM-nya dari internet. Atau kalo males beli aja CD kompilasi emulator DS yang banyak di temui di rental (ehm... di Jogja maksudku). Kalo untuk panduannya bisa cari sendiri di internet, terutama dari IGN.com. Ntar bisa kamu temuin sendiri walktrough-walktrough yang bisa kamu gunakan untuk menamatkanya. Salam berkebun... ^^
Share on Google Plus

About yudsky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

4 comments:

Anonymous said...

saya dion, saya ingin bertanya beberapa pertanyaan.
1.bagaimana mendapatkan bijih untuk mengupgrade tools?
2.apakah kotak box makanan untuk di tempat sapi dan domba tidak ada? karena saya tidak punya
3.bagaimana cara mendapatkan kuda dan pancingan?

terimakasih

Anonymous said...

mas mau tanya nama emulator diatas namanya apa download dimana?

pusponegoro wen said...

@dion : dapatnya di mine ke dua pecahin aja tuh batu2nya tar kalo beruntung dapet deh ..

untuk box makanan beli silo dulu

kuda tar di kasih sama tetenga sebelah . pancingan musing spring hari sabtu tidak hujan anda datang ke rumah kakek dan nenek glen sekitar janm 11 am juka kanek dan neneknya udh masuk rumah anda juga masuk tapi kamu jangan memekai peralatan seperti cangkul dll . Trims

yudsky said...

emulatornya sebaiknya yang No$GBA ato No$Zoomer, emulator NDS yang paling nyaman menurut saya. Biasanya saya maen ke www.rom-world.com, romhustler dll.

Untuk Harvest Moon-nya saya juga belum tamat :P